Seperti yang kita ketahui masih jarang sekali ujian essay menggunakan scanner periksa nilai atau scanner ljk. Lembar jawaban komputer selalu identik dengan soal pilihan berganda. Sebenarnya ada caranya supaya ujian essay bisa diperiksa dengan menggunakan scanner periksa nilai. Walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya memakai scanner periksa nilai.

Caranya adalah membuat kolom kosong untuk menjawab pertanyaan essay, sesuaikan dengan nomor soal di ujian. Diatas kolom jawaban essay disediakan lingkaran kosong untuk menilai jawaban essay siswa. Misalnya dibuat 5 lingkaran masing-masing dengan angka 0, 3, 6, 8, 10 (Contoh diatas adalah ljk yang nilai jawaban essaynya dari 1 hingga 10). Nilai disesuaikan dengan nilai total untuk ujian tersebut.

Sebelum lembar jawaban komputer dimasukkan ke scanner ljk, guru yang bersangkutan akan melingkari bulatan kosong ini untuk memberikan nilai terhadap jawaban essay siswa. Jika sekolah tersebut menggunakan software scanner periksa nilai smart mark reader, maka guru tidak perlu mengisi dengan penuh lingkaran pada LJK. Karena software dapat membaca dengan baik isi lingkaran walaupun tidak diisi dengan sempurna. Juga tidak perlu menggunakan pensil 2B. Guru bisa cukup menggunakan spidol agar mengisiannya lebih cepat. Dengan demikian, guru tidak banyak menghabiskan waktu untuk melingkari kertas ljk. Setelah itu baru kertas ljk dimasukkan ke scanner periksa nilai untuk periksa nilai ujian siswa. Walaupun guru masih harus menandai nilai pada jawaban essay, tapi guru tidak perlu menjumlahkan nilai siswa. Software SMR dapat melakukan hal tersebut.

Dengan demikian, agar guru tetap fokus pada tugas utamanya yaitu mengajar bukan mengecek soal yang memakan waktu banyak untuk mengkoreksi ujian. Guru bisa lebih fokus mengajar dan mendidik siswanya agak menjadi manusia-manusia berkualitas.