Istilah scanner periksa nilai dan scanner ljk sebenarnya mengarah pada teknologi OMR (Optical Mark Reader). Sebuah teknologi untuk membaca lembar jawaban komputer yang diisi lingkaran hitam dengan menggunakan pensil 2B. Hanya karena istilah OMR tidak banyak diketahui khalayak ramai, sehingga pasar membuat sendiri istilah untuk menggambarkan produk scanner OMR yang dimaksud.

Pada awalnya OMR sendiri adalah sebuah perangkat keras (hardware) scanner berfungsi untuk membaca lembar jawaban komputer. Tapi dengan berkembangkan teknologi, membaca atau menscan lembar jawaban komputer tidak harus memakai scanner OMR. Sekarang semua tipe scanner bisa membaca lembar jawaban komputer dengan baik. Hal ini dimungkinkan dengan adanya software OMR yang dapat memfungsikan scanner-scanner biasa tersebut untuk membaca tanda lingkaran yang ada di  lembar jawaban komputer. Salah satu software yang paling berhasil dipasaran adalah software OMR bernama SMR atau Smart Mark Reader.

Smart Mark Reader dapat membaca lembar jawaban komputer dengan menggunakan scanner apapun. Scanner yang direkomendasikan adalah scanner Fujitsu fi-6125 dan scanner AVision AV-121. Kedua scanner ini dipilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah-sekolah di Indonesia. Jika anda memakai SMR, anda juga dapat membuat lembar jawaban komputer sendiri. Tidak perlu lagi beli ke supplier yang harganya mahal. Anda dapat memproduksi sendiri dengan menggunakan kertas bekas atau kertas biasa. Selain itu anda cukup membuat master lembar jawaban komputernya saja. Setelah itu masternya difotokopi perbanyak sesuai kebutuhan. Sehingga menekan biaya pengeluaran sekolah secara signifikan.