Scanner Periksa Nilai Smart Mark Reader selama ini hanya dikenal sebagai alat untuk memeriksa lembar jawaban komputer ujian atau ulangan di sekolah. Padahal potensi dari scanner ljk smart mark reader jauh lebih besar. Salah satunya adalah meningkatkan prestasi siswa dan juga dapat menilai seberapa efektif seorang guru mengajar.

Ada pepatah yang mengatakan “practice makes perfect”. Latihan semakin mendekatkan kita pada kesempurnaan, kira-kira itu terjemahan dari pepatah diatas. Nah dengan demikian, semakin sering seorang siswa latihan soal semakin baiklah nilai rapornya.

Dengan adanya teknologi scanner ljk Smart Mark Reader, para guru bisa melakukan banyak sekali ujian atau ulangan ataupun hanya sekedar tes kecil sesering mungkin. Karena tidak diperlukan waktu banyak untuk melakukan pemeriksaan lembar jawaban siswa yang memakai ljk. Hanya perlu 1 menit untuk satu kelas yang berisi 30 siswa. Hasil ujiannya juga bisa diumumkan hari itu juga.

Jika hanya diperlukan 1 menit untuk mengkoreksi lembar jawaban siswa dalam 1 kelas, tes dapat dilakukan setiap selesai guru menjelaskan materi pelajaran. Misalnya guru fisika hari ini menjelaskan mengenai materi gelombang. Untuk menguji apakah siswa kelas tersebut bisa mengerjakan soal-soal terkait gelombang, guru bisa menyiapkan 10-20 soal terkait materi yang disampaikan yang harus dikerjakan siswa dalam waktu 10-30 menit terakhir sebelum mata pelajaran tersebut berakhir.

Dengan demikian selain siswa dapat mengetahui seberapa banyak materi gelombang yang dipahaminya, gurupun dapat melihat seberapa banyak siswa yang langsung memahami pelajaran yang beliau sampaikan hari itu. Dengan demikian, guru dapat mengetahui seberapa efektif gaya mengajar yang beliau terapkan dan juga mengetahui berapa banyak siswa yang paham apa yang sudah diterangkan. Hasil tes-tes kecil ini dapat digunakan sebagai data untuk melakukan evaluasi proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Pada akhirnya dapat meningkatkan nilai dan prestasi siswa dan juga kemampuan mengajar guru dapat dievaluasi. Sekolah juga dapat melihat kecocokan para siswa dan guru mereka. Mungkin tadinya ada guru yang mengajar siswa kelas 1 dan hasilnya kurang memuaskan, tapi saat guru ini dipindahkan ke kelas 3 prestasi siswa dikelasnya jauh lebih baik dari kelas 1 yang sebelumnya beliau pegang.